Senin, 15 September 2014

Asas-Asas Organisasi

Asas-asas pokok pengorganisasian
1. Asas pembagian tugas
Asas dalam pembagian tugas menentukan perlunya tugas untuk dibagi habis sehingga dapat dijamin adanya bagian yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan tugas termaksud. Oleh sebab itu maka perlu adanya perumusan tugas yang jelas sehingga dapat dicegah duplikasi, benturan dan kekaburan.
2. Asas fungsionalisasi
Asas ini menentukan bahwa dalam penanganan suatu masalah dan dalam rangka mewujudkan koordinasi yang mantap antar kegiatan, maka bagian fungsional berkewajiban memprakarsainya.
3. Asas koordinasi
Asas ini mnekankan perlunya setiap bagian menserasikan, memadukan dan menyelaraskan baik dalam kegiatan, waktu maupun perummusan kebijaksanaan, perencanaan, pemograman dan penganggaran, pengendalian serta pengawasan tugas dan fungsi yang diembannya.
4. Asas kesinambungan
Asas kesinambungan mengharuskan bahwa tugas-tugas harus berjalan secara terus menerus sesuai dengan kebijaksanaan dan program yang telah ditetapkan, tanpa tergantung pada diri pejabat tertentu.
5. Asas akordion
Asas akordion menentukan bahwa organisasi daoat berkembang atau mengecil sesuai dengan tuntutan tugas dan beban kerjanya.
6. Asas pendelegasian wewenang
Asas ini mengharuskan setiap pimpinan untnuk melimpahkan sebagian tugas kewenangannya kepada pejabat bawahannya.
7. Asas keluwesan
Asas keluwesan menghendaki agar organisasi selalu mengikuti dan menyesuaikan diri dengan pekembangan dan perubahan keadaan sehingga dapat dihindarkan kekakuan dalam pelaksanaan tugas
8. Asas rentang pengendalian
Dengan asas rentang pengendalian ini dimaksudkan agar dalam menentukan jumlah satuan organisasi atau orang yang dibawai oleh seorang pejabat pimpinan, diperhitungkan secara rasional mengingat terbatasnya kemampuan pemimpin, atasan dalam mengadakan pengendalian terhadap bawahannya.
9. Asas jalur dan staf
Asas jalur dan staf adalah asas yang menetukan bahwa dalam penyusunan organisasi perlu dibedakan antara satuan-satuan organisasi yang melaksanakan tugas pokok instansi dengan satuan-satuan organisasi yang melaksanakan tugas-tugas bantuan
10. Asas kejelasan dalam pembaganan
Asas pembaganan mengharuskan setiap organisasi menggambarkan susunana organisasinya, agar setiap pihak yang berkepentingan dapat segera memahami kedudukan dan hubungan dari setiap satuan organisasi yang ada.

2 komentar: