Kata
Pengantar
Syukur
Kepada Tuhan yang Maha Esa ,Karena berkat rahmat dan hidayah-Nya , makalah ini
dapat diselesaikan . kami dari kelompok 3 yang terdiri dari Ani intan pandini, Ariqatul fadhilah
Harahap, Destika anggraeni, Dzulfi ade putri, Isni yuniarti, Lia lestari, Mega
linda ismardani, Hendra verianto .Dengan suka cita telah menyelesaikan tugas ini
yang ditugaskan langsung oleh Ibu Herawati ( Dosen Prinsip Management ) kami.
Makalah ini membahas tentang bab yang berjudul prinsip dan manajemen
lanjutan dan telah dibagi berdasarkan perintah bu Hera , yaitu : Penyusunan
staff ( Staffing), Analisis Tugas (Job Analysis), Deskripsi Tugas ( Job
Description), Spesifikasi Tugas (Job Spesification ), dan proses seleksi dan
penerimaan pegawai . Makalah ini
menjelaskan tentang bagaimana pengertian-pengertian dari bahasan yang ada di
atas dan juga unsur-unsur dan contoh-contoh yang kami berikan
Dengan dibuatnya makalah ini oleh grup ( Kelompok) 3 , grup ini
berharap bahwa makalah ini dapat diterima oleh Bu Hera dan dapat dibaca
sehingga dapat dimengerti dengan baik.
Mohon maaf apabila masih banyak kekurangan dalam makalah ini , kami
sangat senang dan bangga apabila kami mendapatkan kritik dan saran sehingga
kami dapat memperbaiki dan menjadi baik di tugas-tugas kami kedepan nya . kami
dari kelompok 3 mengucapkan Terima kasih.
Cileungsi , September 2014
Group 3
Daftar
Isi
Kata Pengantar
................................................................................................ 1
Daftar Isi .................................................................................................
2
Penyusunan Staff (
Staffing )
........................................................................... 3
Analisis Tugas ( Job
Analysis
)......................................................................... 4
Deskripsi Tugas ( Job
Description ) ............................................................... 5
Spesifikasi Tugas (
Job Spesification).............................................................. 6
Proses seleksi dan
penerimaan
pegawai........................................................... 7
Penyusunan Staff ( Staff )
Penyusunan staf atau staffing adalah Proses
menetapkan orang-orang yang akan menduduki suatu posisi tertentu di dalam
organisasi .
Proses ini, Merupakan proses lanjutan dari Rekrutmen ( Penarikan Tenaga
kerja ) . Oleh karena itu kegiatan pengaturan staf atau penyusunan staf sering
disebut juga sebagai kegiatan seleksi tenaga kerja . Di penyusunan staff ini
orang yang lebih ahli di tempatkan di posisi yang lebih tinggi .
Oleh
karena itu kegiatan pengaturan staf atau penyusunan staf sering disebut juga
sebagai kegiatan seleksi tenaga kerja.
Dengan
melaksanakannya secara cermat dan teliti, terutama dalam menerima tenaga kerja
baru, diharapkan akan diperoleh tenaga kerja yang mampu berpartisipasi untuk
mempermudah dan mempercepat penyelesaian masalah, bukan yang justru selalu
membuat masalah bagi organisasi/perusahaan. Untuk itu diperlukan beberapa tahap
sebagai kegiatan menyaring calon tenaga kerja baru, yaitu:
1.
Merencanakan
kebutuhan calon pegawai
2.
Mengumumkan
kebutuhan pegawai kepada masyrakat luas
3.
Seleksi calon
pegawai
4.
Merekrut
pegawai
5.
Interview calon
staff
Analisis
Tugas ( Job Analysis )
Analisis tugas adalah studi yang sistematis tentang (
Pekerjaan ) yang meliputi pengenalan persyaratan orang yang akan ditugaskan
memangku jabatan serta berbagai unsur dan karakteristik dari suatu tugas (
Pekerjaan ). Tujuan dari analisis tugas adalah :
1.
Siapa yang akan
melaksanakan pekerjaan ?
2.
Apa yang akan
dikerjakan ?
3.
Kapan tugas
tersebutakan dilaksanakan ?
4.
Bagaimana cara
melaksanakan tugas tersebut ?
5.
Mengapa tugas
tersebut dilaksanakan ?
Deskripsi tugas
(job
description)
Deskripsi
tugas adalah pernyataan tertulis yang akan menjelaskan tujuan dari suatu tugas pekerjaan
yang akan dilaksanakan , keahlian yang diperlukan , tanggung jawab yang terkait
, hubungan tugas dengan tugas yang lainnya dan kondisi kerja.
3 Unsur dasar deskripsi tugas :
1. Identifikasi
tugas
Indentifikasi
tugas ini pegawai akan dikenali jenis tugas yang akan diemban nya dan akan
dicantumkan judul dari tugas nya.
2. Ikhtisar
Tugas
Disini
pegawai akan dijelaskan secar ringkas tentang hakekat suatu tugas.
3. Kewajiban
Tugas
Terdiri
dari daftar tentang kewajiban dan tanggung jawab dan sering kali tersusun
menurut urutan kepentinganya.
Spesifikasi Tugas
( Job Spesification)
( Job Spesification)
Perincian
tertulis tentang kualifikasi khusus yang diisyaratkan dari seorang yang akan
menduduki suatu jabatan yang meliputi keahlian , pendidikan dan pengalaman masa
lalunya
Contoh Kualifikasi Pekerjaan
:
1. INTERIOR
DESIGN OFFICER
Uraian
Pekerjaan :
Ø
Bertanggung
jawab mengembangkan desain untuk merchandise, publikasi dan interior desain
untuk LMP.
Ø
Bertanggung
jawab terhadap seluruh produk desain : booth, totem, signage, counter, dll.
Ø
Memahami
dan menguasai bahan materi publikasi yang digunakan dan mampu memberikan
masukan terhadap alternatif-alternatif lain serta me-resize materi publikasi.
Persyaratan
:
Ø
Pendidikan
S1 Desain Komunikasi Visual
Ø
Pengalaman
minimal 2 tahun di bidang Agency Creative / In House Designer
Ø
Pengetahuan
Menguasai Interior Design
Ø
Menguasai
Program Design Photoshop, Illustrator, 3D Max & Sketchup
Ø
Menguasai
ilustrasi manual dan produk
Proses seleksi dan penerimaan pegawai
Suatu upaya
yang sistematis untuk mengimplementasikan rencana sumber daya manusia melalui
pemilihan, evaluasi dan penyaringan atas pegawaian memenuhi syarat.
Proses
penerimaan karyawan :
Ø
Penerimaan
( Recruitment)
Ø
Wawancara
Penyaringan ( Screening Interview )
Ø
Mengecek
Referensi (Reference checks)
Ø
Ujian
Fisik ( physical Examination )
Ø
Testing
Ø
Orientasi
bagi pegawai baru
Ø
Pelatihan
dan pengembangan
Ø
Program
pelatihan pegawai
NOTE
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar